Adventure Time - Lady Rainicorn

Sabtu, 28 Oktober 2017

OBAT GENERIK DAN OBAT ESENSIAL

OBAT GENERIK DAN OBAT ESENSIAL
     
     A.  OBAT GENERIK

     Obat generik adalah obat dengan nama resmi INTERNATIONAL NON PROPIETARY NAMES yang di tetapkan dalam Farmakope Indonesia atau buku standar lainnya untuk zat berkhasiat yang dikandungnya. Pengertian ini tercantum dalam permenkes nomor HK.02.02/Menkes/068/l/2010 tentang Kewajiban menggunakan Obat Generik di fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah.


Obat Generik ada 2 macam :
       1.    Obat generik bermerek dagang (OGM) adalah obat generik yang diberi
           merek dagang oleh industri farmasi yang memproduksinya.
       2.   Obat generik berlogo (OGB) adalah obat generik berlogo diberi logo 
           khusus yang menunjukkan bahwa obat generik tersebut diproduksi               oleh pabrik obat yang sudah mendapatkan sertifikat.
  

Makna gambar :

Related image
  • -         Bulat                            : berarti suatu kebulatan tekad untuk                                                       menggunakan obat generik
  • -         Garis-garis tebal tipis  : berarti menjangkau seluruh lapisan                                                         masyarakat
  • -         Warna hijau                 : berarti obat yang telah lulus dalam segala                                             pengujian


Tata cara pendaftaran obat generik berlogo 

        Pendaftaran obat generik berlogo diatur dalam surat keputusan Mentri Kesehatan No 05417/A/SK/XII1989. Tata cara pendaftaran obat generik berlogo dilakukan sebagai berikut :

      a.   Obat Generik Berlogo adalah obat jadi dengan nama generik yang                diedarkan dengan mencantumkan logo khusus pada penandaannya.
      b.   Logo adalah tanda pengenal yang diberikan pada obat generik yang              memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan oleh Mentri Kesehatan.
      c.   Pengajuan pendaftaran obat generik berlogo hanya dilakukan oleh                industri farmasi yang telah menerapkan Cara Produksi Obat Yang Baik        (CPOB) yang dibuktikan dengan sertifikat CPOB yang di terbitkan oleh        Badan POM.
      d.   Obat generik yang didaftarkan juga harus memenuhi spesifikasi baku          untuk setiap jenis sediaan dan kemasan obat generik berlogo, dan                persyaratan yang ditetapkan oleh Badan POM.


Faktor yang menyebabkan obat generik murah :
       1.    Harga diatur pemerintah.
       2.   Tidak dipromosikan besar-besaran.
       3.   Biaya produksi rendah.


Permasalahan obat generik di Indonesia :
        1.    Penggunaan obat generik di Indonesia masih rendah.
        2.   Tenaga kesehatan enggan meresepkan obat generik.
        3.   Penggunaan obat generik oleh pasien rendah.



   B.   OBAT ESENSIAL

   Obat esensial adalah obat terpilih yang paling banyak dibutuhkan unuk pelayanan kesehatan, mencakup upaya diagnosis, profilaksis, terapi dan rehabilitasi, yang diupayakan tersedia pada unit pelayanan kesehatan sesuai fungsi dan tingkatnya. Definisi ini tercantum dalam Kepmenkes RI N0 479/Menkes/SK/VII/2006 tentang Daftar Obat Esensial Nasional 2005.


Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN)

DOEN merupakan daftar obat terpilih yang paling dibutuhkan dan di upayakan tersedia di unit pelayanan kesehatan sesuai dengan fungsi dan tingkatnya. Penerapan DOEN dimaksudkan untuk meningkatkan ketepatan, keamanan, kerasionalan penggunaan dan pengelolaan obat yang sekaligus meningkatkan daya guna dan hasil guan biaya yang tersedia sebagai salah satu langkah untuk memperluas, memeratakandan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
        Bentuk sediaan, kekuatan sediaan dan besar kemasan yang tercantum dalam DOEN adalah mengikat. Besar kemasan untuk masing-masing unit pelayanan kesehatan didasarkan pada efisiensi pengadaan dan distribusinya dikaitkan dengan penggunaan.


Aspek yang penting dalam pengelolaan obat meliputi :
        1.    Perbatasan jumlah dan macam obat berdasarkan Daftar Obat                      Esensial menggunakan nama generik, dengan perencanaan yang tepat. 
       2.   Pengadaan dalam jumlah besar.
       3.   Pembelian yang transparandan kompetitif.

       4.   Sistem audit dan pelaporan dari kinerja pengelolaan.

2 komentar: